Thursday, November 21, 2019
Dekorasi

Pilih-Pilih Wallpaper Dinding? Perhatikan 5 Hal Berikut

Wallpaper Dinding yang Unik dan Menarik

Sekarang ini, wallpaper dinding sedang menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Bukan Cuma keindahan dan kecantikan tampilannya yang mampu dijadikan bahan dekorasi rumah, tapi juga fungsinya yang dapat melindungi dinding sehingga kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Menghias dinding dengan wallpaper juga lebih mudah dibanding harus melukisnya.

Sebenarnya, terdapat banyak material lain yang bisa kita gunakan untuk menambah nilai estetika dalam satu ruangan di rumah, mulai dari keramik dinding, mozaik, lukisan, wallsticker hingga wallpaper dinding. Ternyata, wallpaper ini sudah digunakan oleh masyarakat China sejak 200 SM dimana mereka menempelkan kertas menggunakan nasi. Perkembangan zaman membuat pemasangan wallpaper juga lebih mudah.

Wallpaper dapat digunakan untuk berbagai ruangan di rumah, termasuk wallpaper ruang tamu yang memberikan suasana lebih nyaman bagi para tamu dan pemilik rumah. Wallpaper ini dapat terpasang dengan baik dan berguna sebagaimana mestinya jika kita mampu memilihnya dengan tepat. Berikut ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

 

1. Sesuai dengan Karakter Anda

Secara pikologis, warna memiliki dampak dan arti yang berbeda dalam membentuk suatu kesan atau suasana sehingga kita harus bisa memilihnya dengan tepat. Akan lebih baik jika Anda memilih warna yang disukai agar hasil dekorasi sesuai dengan karakter atau kepribadian Anda.

Ruang tamu merupakan tempat bertemunya pemilik rumah dengan para tamu, bisa keluarga, teman atau tetangga sehingga kenyamanan sangat penting untuk dijaga. Pemilihan wallpaper ruang tamu yang berwarna soft atau membuat penghuninya merasa betah berlama-lama di rumah Anda.

 

2. Jenis Ruangan

Bukan saja warna kesukaan, Anda juga harus memastikan konsep ruagan yang akan dipasangi wallpaper ruang tamu. Bagaimana suasana ruangan yang Anda harapkan, apakah tenang, formal atau cerah. Ruang tamu yang formal akan lebih baik jika memilih warna akromatik, yaitu kombinasi dari warna gelap dan terang, seperti putih, hitam dan abu-abu. Umumnya, wallpaper ini digunakan di area foyer dan service.

Berbeda dengan ruangan yang ingin memberikan suasanna cerah, seperti ruang bermain anak maka kita bisa memilih wallpaper anak yang lucu sesuai kesukaan sang buah hati. Wallpaper lucu ini juga bisa digunakan sebagai wallpaper dinding kamar anak agar mereka merasa nyaman ketika beristirahat.

 

3. Aksen Ruangan

Ruangan yang memiliki ruangan sempit akan lebih baik mengaplikasikan wallpaper anak pada satu sisi saja. Pemilihan warna yang serupa juga harus dipilih, dimana warnanya masih satu palet atau satu garis yang sama pada lingkaran warna. Berbeda dengan ruangan besar dimana kita bisa lebih mudah dalam memilih wallpaper karena cocok dengan semua motif.

 

4. Harmonisasi Dinding dan Furniture

Anda harus memastikan jika wallpaper dan warna cat dinding tidak bertolak belakang, terlebih dengan aksesoris interior dan furniture-nya. Motif yang terlalu ramai bisa Anda seimbangkan dengan warna cat dinding yang netral dan polos. Motif wallpaper anak yang terlalu ramai juga tidak cocok dengan ruangan yang sempit.

5. Wallpaper di Kamar Mandi

Ternyata, penggunaan wallpaper tidak selalu harus di tempat yang kering karena kita juga bisa menggunakan wallpaper dinding kamar mandi. Pemilihan warna alam akan membuat kamar mandi terasa lebih nyaman dan sejuk. Nuansa teduh dan segar pun akan Anda rasakan.

Mempercantik rumah Anda dengan menggunakan wallpaper dinding kamar bukanlah suatu barang langka, sangat mudah mendapatkanya, Anda bisa dengan mudah menciptakan dekorasi yang unik. Oleh sebab itu, gunakanlah wallpaper dinding untuk rumah Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top