Thursday, November 21, 2019
Tipe Panel Listrik
Kelistrikan

Jenis dan Tipe Panel Listrik beserta Penjelasannya

Listrik merupakan kebutuhan penting untuk segala kegiatan manusia sekarang ini. Semua bangunan serta alat-alat yang dipergunakan setiap hari telah menggunakan listrik. Akan tetapi listrik harus dipergunakan sesuai standar yang telah ada agar tidak membahayakan. Karena kesalahan atau kerusakan pada suatu alat listrik bisa membuat kecelakaan seperti kebakaran dan sebagainya. Sehingga setiap tempat perlu menggunakan pengaman yang bisa menjaga adanya kesalahan dan mencegah bencana. Perlu alat yang bisa mengatur bagaimana energi listrik tersalur ke konsumen seperti panel listrik. Panel listrik merupakan sebuah alat berbentuk kotak biasanya dilengkapi pintu dengan fungsi sebagai pembagi, penyalur serta untuk mendistribusikan tenaga listrik dari sumber listrik (pusat) ke pengguna listrik. Alat ini dipasang di lingkungan yang aman bagi makhluk hidup dengan sistem pengaman instalasi listrik sebagai sakelar on/off power listrik.

 

Panel listrik dibagi dua jenis yakni panel daya dan panel distribusi listrik. Panel daya merupakan tempat untuk menyalurkan serta mendistribusikan listrik dari gardu induk (source) menuju panel-panel distribusi. Sedangkan panel distribusi merupakan tempat menyalurkan listrik dari panel daya ke pengguna. Alat ini bisa dipasang oleh penyedia jasa instalasi listrik saat instalasi listrik dengan memenuhi ketentuan keamanan yang sudah ada dan akan dipasang sesuai kebutuhan pengguna.

Jenis dan tipe panel listrik

Jenis dan tipe panel listrik

Ada beberapa jenis maupun tipe panel listrik yang biasa digunakan oleh berbagai bidang yakni:

1. Panel MCC (Motor Control Center) merupakan jenis panel listrik yang digunakan oleh industri besar. Panel ini berfungsi untuk mengontrol motor pada mesin industri hingga tempat starter motor. MCC terbagi 2 golongan yaitu tegangan sedang (maksimal 600 Volt) dan tegangan menengah (hingga 7200 Volt) dengan kontrolnya bisa secara lokal dan remote.

2. Panel PMCC (Plan Management Control Panel) merupakan tipe panel dengan bagian mencakup PLC dan relay yang terkoneksi sebelum disambungkan MCC.

3. Panel MDP (Main Distribution Panel) adalah jenis panel khusus untuk distribusi jaringan listrik yang umumnya ditempatkan pada upcoming jaringan listrik.

4. Panel Baterai (BP) ialah panel listrik yang bertugas mengubah tegangan 380 Volt atau 220 Volt menjadi tegangan rendah. Digunakan untuk mengubah peralatan dengan voltase kecil seperti radio.

5. Panel GGCP (Gas Generator Control Panel) termasuk jenis panel untuk proteksi. Umumnya digunakan pada genset dengan berbagai jenis proteksi sesuai kebutuhan.

6. Panel NGP (Neutral Grounding Panel) adalah jenis panel untuk proteksi dengan hubungan singkat antara fasa dan ground.

7. Panel Kapasitor Bank, termasuk tipe panel untuk mengoreksi daya dari suatu jaringan listrik.

Beberapa jenis panel diatas dalam penggunaan sering digabungkan untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal. Panel listrik biasanya di pasang oleh PLN sebagai penyedia jasa instalasi listrik dari pusat energi listrik sebelum disalurkan kepada pengguna listrik. Panel ini merupakan jenis panel dengan tegangan rendah yang diletakkan di keluaran sumber tenaga listrik. Saat akan instalasi listrik yang diberikan oleh pihak PLN ke konsumen perlu untuk mengikuti standar dari PLN dan bisa menyesuaikan untuk panel yang akan digunakan konsumen. Sebagai konsumen sebaiknya mencari tahu dulu keperluan dan manfaat apa yang diinginkan dari berbagai jenis panel listrik yang ada. Pemasangan panel listrik juga sudah ada bayak, maka pilih sesuai kebutuhan Anda supaya bisa membantu menghemat serta menjaga keamanan serta keefisienan pengguna listrik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top