Thursday, November 21, 2019
Cara Pasang Pintu Kaca Aluminium
Dekorasi Furniture

Cara Pasang Pintu Kaca Aluminium yang Kokoh Ternyata Gampang Loh!

Pemasangan bagian konstruksi kantor seperti AC, pintu, kusen, gypsum sudah ada ahlinya. Namun, secara garis besar sebaiknya anda mengetahui cara pemasangan pintu kaca kantor yang benar agar dapat mengawasi pemasangan dengan baik. Pemasangan kusen dan pintunya mengikuti proses pemasangan yang mudah untuk dikerjakan bahkan bagi orang awam.

Pemasangan Kaca Pintu Aluminium

Pintu Aluminium lebih awet dari pada bahan kayu, terutama karena tahan dari serangan rayap. Pintu aluminium memiliki bentuk yang monoton karena terbatas untuk detail. Namun bahnya kuat untuk menahan bahan kaca, sampai kaca tempered. Pemasangan pintu berbahan kaca aluminium hanya dapat menggunakan sistem fischer. Berikut adalah tehnik pemasangannya.

1. Pengukuran 

Sebelum memasang pintu kaca, terlebih dahulu pastikan ukuran pintu dan kusennya sudah pas. Karena untuk memasang kusen aluminium harus memiliki ukuran akurat sehingga kaca dapat muat dengan cocok pada kusennya.

2. Skrup Fisher

Teknik pemasangan ini bertumpu pada kekuatan sekrup fischer yang diborkan serta ditanam bersama kusen. Dengan adanya skrup ini maka kusen aluminium dapat terpasang dengan kokoh pada tembok sekeliling kusen pintu tersebut.

3. Pemotongan Kaca

Sebelum dipasang, potong kaca sesuai kusennya. Kemudian haluskan bagian pinggiran kaca agar tidak tajam. Dengan demikian pemasangan akan jadi lebih mudah dan tidak melukai tangan tukang yang memasangkan.

4. Pemasangan Kaca

Setelah kusen terpasang maka kemudian dilakukan pemasangan kaca. Agar pegangan kuat tukang bangunan seringkali menggunakan kop kaca  atau (alat untuk mengangkat kaca) yang diletakan pada bagian tengah. Benda ini menahan posisi kaca, sehingga mudah dimasukan. Kemudian, tempel kan kaca pada bagian yang sudah disiapkan. Pemasukan diarahkan pada satu sisi terlebih dahulu yang dilanjutkan pada sisi lainnya.

5. Lapisan Triplek

Setelah kaca terpasang pada kusen aluminium selanjutnya kaca diangkat sedikit untuk dapat dilapisi dengan pliwood/tripek yang sudah disiapkan selanjutnya. Pasangkan tepat dibawah kaca di kedua sisinya yang kemudian pasang tutup aluminium nya. Lapisan ini memberikan bantalan agar posisi kaca tidak bergeser.

6. Perekat

Langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah bagian perekatan. Anda mau memastikan kaca terpasang dengan baik dan tidak mudah bergeser dari posisinya. Pengikat kaca dengan kusen aluminium dapat menggunakan baik lem silicon atau dengan karet (dengan kode pembelian) karet C besar.

  • Pemasangan Lem SIlicon : memberikan lem pada kaca tepat pada posisi tengah dari kusennya. Dengan cara menggunakan pengapit dibagian kanan dan kiri pintu. Kemudian dan sama ratakan pengapit tersebut dengan bagian kusennya, Berikan lem secukupnya dan tunggu hingga kering.
  • Pemasangan Karet : Adanya bantalan karet dapat merekatkan kaca pada kusen dengan kokoh. Lakukan dengan pertama-tama memotong karet sesuai panjang pintu yang akan dipasang. Pastikan ada dua buah duntuk bagian luar dan dalam (untuk kaca 0,5mm). langkah selanjutnya adalah masukkan karet pada area pengapit kaca sisi luar  yang dimasukan secara bersamaan.

7. Engsel

Pintu harus dapat dibuka dan ditutup dengan baik. Sebagai langkah terakhir, pastikan pintu dapat dibuka dan ditutup tanpa ada kendala atau suare menganggu.

Harga kusen aluminium cukup bersaing dengan kusen kayu. Walaupun tergantung juga dengan bahan kaca yang digunakan.Harga pintu kaca tempered berbeda dengan pintu kaca bening. Semakin rumit material kacanya, maka mempengaruhi harganya, namun tidak dengan cara pemasangannya. Cara memasang kusen kaca aluminium sebenarnya cukup sederhana dan mudah, hanya perlu teliti dan memastikan pemasangan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top