Tuesday, October 22, 2019
Material

Mau Tau Cara Merawat Kusen Upvc Dengan Mudah? Yuk Kepoin Disini!

Biasanya kusen pada rumah terbuat dari kayu, namun seiring dengan pengembangan teknologi berbagai inovasi terus digencarkan untuk mengurangi penggunaan kayu yang bisa mempercepat populasi pohon di hutan menjadi menipis. Sebagian orang beralih menggunakan Aluminium untuk menjadi material pengganti karena dirasa cukup aman dan lebih bagus dari kayu. Dari hasil pengembangan memunculkan produk baru yaitu UPVC atau singkatan dari unplasticized poly vynil chloride. Di Indonesia sendiri material ini sudah banyak yang menjadi peminatnya bahkan menjadi rekomendasi untuk memakai jenis meterial ini. Meskipun demikian banyak juga yang mengabaikan bahwa kusen UPVC butuh perawatan yang benar untuk tetap menjaga kualitas bahan. Bagi anda pengguna kusen ini ada baiknya mengerti bagaimana merawat kusen dengan baik.

Tips Merawat Kusen UPVC

Material UPVC merupakan pengembangan dari PVC yang sifatnya tidak tahan lama, tidak kokoh dan gampang patah. Dengan adanya inovasi inilah, UPVC hadir untuk menjawab kebutuhan yang ada. Meskipun terbuat dari bahan plastik yang diminimumkan membuat hasil UPVC menjadi lebih keras dari pvc, selain itu bahan ini juga anti rayap dan sangat awet. Perawatan kusen bahan UPVC sangat mudah, anda bisa melakukannya sendiri untuk membersihkannya. Simak beberapa tips agar UPVC anda tetap bagus setelah dibersihkan

1. Menggunakan air hangat

Banyak orang yang asal dalam membersihkan kusen ini, padahal jika anda teliti dalam hal merawatnya kusen akan jauh lebih tahan lama, salah satunya menggunakan air hangat. Ini bisa digunakan ketika terdapat kotoran yang sangat sulit untuk dibersikhkan dan akan memudahkan anda dalam proses tersebut.

2. Menggunakan cleanser

Penggunaan pembersih untuk kusen UPVC memang sangat dianjurkan karena memang sudah disediakan pembersih khusus untuk kusen dengan bahan ini. Anda bisa mendapatkannya di mini market disekitar rumah anda. Gunakan lap yang bersih dalam pengaplikasian cairan pembersih sediakan 2 lap untuk lap basah dan kering. Bersihkan kusen pintu dan jendela dengan lap basah yang sudah diberi pembersih, setelah itu gunakan lap kering untuk menghindari sisa air agar tidak menimbulkan bercak pada kusen. Lakukan hal tersebut sampai semua benar benar debunya hilang dan menjadi bersih

3. Menggunakan vaselin

Mungkin tips kali ini sangat aneh, padahal ini sangat efektif untuk digunakan dalam perawatan kusen pintu atau jendela. Penggunaan vaselin biasanya untuk perawatan bagian yang bergerak pada kusen. Perawatan ini bisa anda lakukan 2 kali dalam satu tahun, atau jika dirasa pintu atau jendela susah untuk dibuka. Penggunaanya mudah, anda bersihkan terlebih dahulu dibagian yang bergerak tersebut dari debu dan kotoran. Jika tidak anda bersihkan maka kusen akan terlihat sangat kotor. Setelah itu olesi vaselin untuk membantu agar geraknya lebih lancar dan pintu atau jendela mudah dibuka. Vaselin ini digunakan sebagai pelumas pada kusen serta menjaga  agar bisa berfungsi dengan baik.

Baca ini juga: Daftar Merk Cat Tembok Yang Bagus Untuk Ruang Tamu

Bagiamana? Mudah bukan dalam perawatan kusen bahan UPVC dan bahan bahannya mudah anda daapatkan untuk membantu merawat kusen anda agar tetap bersih dan tahan lama. Jika kusen anda mengalami kerusakan atau masalah yang serius ada baiknya anda bisa menyerahkan kepada yang sudah ahli, karena jika anda memperbaiki sendiri bisa saja yang ada menambah kerusakan. Anda bisa mempercayakan kepada para penyedia atau pihak yang menyediakan jual kusen UPVCuntuk memperbaiki, biasanya selain memasang mereka juga menerima jasa maintenance kusen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top