Monday, September 23, 2019
Konstruksi

Cara Memasang Atap Rooftop yang Cepat dan Benar

Pemasangan Atap Rooftop

Atap rooftop merupakan salah satu jenis atap yang saat ini sering kita temukan di rumah-rumah. Atap jenis ini biasa disebut juga dengan atap UPVC atau UPVC roof. Atap ini terbuat dari Unplasticized Polyvinyl Chloride atau UPVC. Namun sering kali atap ini juga disebut dengan nama atap PVC. Jenis atap yang satu ini sudah sangat familier di Indonesia karena banyak digunakan di rumah-rumah.

Atap UPVC ini memiliki kualitas yang sangat baik. Salah satu keunggulan utama yang dibanggakan dari atap ini adalah anti sinar ultraviolet. Selain itu, atap ini juga bisa melindungi kita dari panas dengan sangat baik karena memiliki konduktivitas panas yang rendah. Karena itulah atap ini juga disebut sebagai atap yang bisa menjaga suhu tetap dingin walaupun matahari sedang terik.

Selama ini kita berpendapat bahwa atap plastik akan menimbulkan panas tapi tidak dengan atap UPVC. Dengan adanya peredam panas atap, material yang satu ini bisa melindungi kita dari panasnya sinar matahari. Jadi, tidak mengherankan jika tipe atap yang satu ini banyak dijadikan pilihan terbaik oleh masyarakat di Indonesia.

 

Pemasangan Atap UPVC

Untuk mendapatkan atap yang berkualitas, kuat, dan tahan lama, tentu saja Anda tidak hanya harus memilih material yang tepat. Anda juga harus memastikan bahwa atap dipasang dengan cara yang tepat pula. Pemasangan atap UPVC ini juga harus dilakukan dengan baik agar atap bisa dalam posisi yang kuat dan memberikan perlindungan optimal.

Berikut adalah cara memasang atap rooftop UPVC yang baik dan benar:

1. Persiapan Kerangka

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kerangka atap. Kerangka yang digunakan adalah rangka atap baja yang terbuat dari baja ringan. Pasang rangka dengan jarak yang sesuai. Buat jarak gording yang sesuai. Kemudian, tarik garis lurus pada setiap baris ketika akan dilakukan pemasangan rooftop.

 

2. Membuat Sudut Kemiringan

Jika jarak gording sudah dibuat dengan baik, maka Anda bisa membuat sudut miring atap. Sudut miring yang dibutuhkan untuk pemasangan rooftop minimal adalah 15 derajat. Sudut miring ini perlu dibuat apabila rangka atapnya nanti akan dibuat membentuk kuda-kuda.

 

3. Memasang Rooftop

Selanjutnya, Anda bisa mulai memasang rooftop. Pemasangan rooftop UPVC ini dilakukan dengan mengikuti potongan yang panjang secara interlock. Jadi, setiap sisi dari masing-masing lembar atap dikaitkan dan saling mengunci. Dengan begitu susunan atap akan menjadi kuat dan tidak akan mudah terlepas jika ada angin kencang yang menerjang.

 

4. Memasang Skrup

Jika setiap lembar atap UPVC sudah terkunci dan susunannya sudah cukup rapi, maka Anda bisa segera memasang skrup. Skrup dipasang agar tidak terjadi kebocoran pada atap yang Anda pasang. Saat memasang skrup, pastikan dulu jarak interlock untuk setiap lembar atap.

 

5. Pemasangan Talang

Setelah rooftop terpasang dengan rapi dan kuat maka Anda harus memasang talang jika dibutuhkan. Silakan buat dulu kerangka untuk menahan talang. Sesuaikan lebar talang dengan rooftop yang sudah terpasang. Anda bisa mendapatkan kerangka talang langsung di toko-toko besi terdekat jika memang dirasa terlalu sulit untuk membuatnya sendiri.

Itulah tadi cara memasang atap rooftop yang bisa Anda lakukan. Sebenarnya, pemasangan atap ini harus diserahkan kepada orang yang profesional. Tidak semua orang bisa melakukan pemasangan atap UPVC dengan baik dan benar. Apalagi pembuatan rangka baja ringan juga tidak mudah dan butuh keahlian. Selain itu, pastikan kualitas UPVC yang dibeli bagus sehingga mudah dipasang dan bisa awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top