Thursday, November 21, 2019
Material yang Tepat untuk Framing Kaca
Material

Apa Saja Material yang Tepat untuk Framing Kaca? Ini Macam-Macamnya

Kaca adalah material yang kini digandrungi untuk hunian atau kantor. Material ini akan memberikan tampilan menarik sekaligus memberikan perlindungan ruangan yang cukup baik. Banyak orang masih menganggap bahwa kaca adalah bahan yang tidak tahan lama, namun justru sebaliknya.

Jika memilih jenis kaca yang tepat, material ini bisa menjadi lebih tahan lama. Harga partisi kaca sendiri tergolong murah tergantung dengan ketebalan yang diinginkan. Ada banyak sekali desain dari kaca sebagai sekat ruangan, baik itu yang transparan atau buram. Anda cukup memilih salah satunya yang sesuai.

Framing sangat penting digunakan untuk kaca, khususnya jika Anda akan menggunakannya bukan sebagai sekat ruangan tetapi pintu atau jendela. Jika Anda menggunakan jendela kaca yang tipis, frame berfungsi untuk melindungi kaca agar tidak mudah pecah dan terlalu tajam.

Kaca dengan ketebalan yang rendah rentan terhadap kerusakan dan mudah melukai seseorang. Sehingga lebih baik menggunakan frame sebagai perlindungan kaca dan penggunanya. Apabila tidak ingin menggunakan frame, partisi kaca frameless bisa menjadi pilihan. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan kaca tanpa frame.

Jenis-Jenis Material Framing untuk Kaca Terbaik

Pemilihan kaca bagi Anda yang memiliki hunian lebih kecil adalah tindakan yang sangat tepat. Harga partisi kaca murah, selain itu perawatannya juga tidak serumit yang Anda bayangkan. Permukaannya yang kuat membuat kaca mudah dibersihkan menggunakan berbagai macam pembersih.

Jangan lupakan juga pemilihan material frame untuk sekat ruang atau jendela dari kaca. Penggunaan frame atau tanpa frame membutuhkan jenis material yang tepat. Berikut ini beberapa material yang bisa dipilih.

  • Aluminium

Kaca yang menggunakan frame dari aluminium pasti sudah tidak asing lagi. Penggunaan aluminium paling sering adalah untuk dinding dan pintu dari kaca. Aluminium adalah bahan yang tahan karat, tahan goresan dan juga tersedia dalam berbagai macam warna.

pintu dari kaca

Anda bisa memilih frame aluminium warna hitam, emas atau silver. Jika menggunakan frame kaca aluminium maka pemasangannya harus lebih diperhatikan. Pasalnya pemasangan yang salah akan menimbulkan kebocoran. Sebaiknya gunakan jasa profesional untuk memasang frame kaca dari aluminium.

  • Kayu

Selain aluminium, material lain yang bisa digunakan adalah kayu. Beragam jenis kayu akan membuat frame kaca tampak lebih dekat dengan alam. Apalagi jika Anda mengecat kayu dengan pernis. Kayu tersedia dalam berbagai macam harga dan juga kualitas. Jika Anda ingin menggunakan kayu sebagai frame kaca sebaiknya pilih kayu berkualitas baik.

PINTU KUSEN

Jenis kayu yang berkualitas untuk frame antara lain adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu ulin atau kayu merbau. Tipe kayu tersebut tidak mudah dirusak oleh rayap sehingga Anda bisa leluasa menggunakannya. Dinding kaca atau jendela kayu bisa lebih tahan lama.

  • uPCV

Akhir-akhir ini material yang cukup banyak disukai adalah bahan uPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride). Hampir mirip seperti frame aluminium, uPVC tahan terhadap bocor, kedap suara dan juga memiliki beragam tampilan yang sangat menarik.

uPCV

Merawat frame kaca yang terbuat dari uPVC lebih mudah, cukup dengan membersihkan dengan kain secara rutin. Proses pemasangannya pun harus sangat diperhatikan khususnya untuk jendela kaca. Jika tidak, frame tidak dapat dipasang, ukuran menjadi hal yang sangat penting untuk meraih ketepatan pemasangan.

Apabila di antara ketiga material ini tidak ada yang sesuai dengan keinginan, Anda masih bisa menggunakan partisi kaca frameless. Syarat utama dari kaca yang tidak menggunakan frame adalah ketebalannya. Setidaknya Anda bisa menggunakan kaca dengan ketebalan 5 mm hingga 15 mm yang telah disesuaikan dengan lebar dan panjangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top